Background Image

Apa itu Telepon Satelit?

Home  /  Telepon Satelit  /  Apa itu Telepon Satelit?

Apa itu Telepon Satelit?

Apakah Telepon Satelit itu?

Apakah Telepon Satelit itu?

Mungkin banyak dari anda yang bertanya-tanya, Apa sih sebenarnya Telepon Satelit itu? Apa bedanya dengan Telepon Seluler biasa yang ada di kantong saya sekarang? Melalui artikel singkat ini FABIOS berusaha memberikan penjelasan yang singkat dan padat untuk anda. Sehingga setelah anda selesai membaca artikel – artikel ini, maka dapat dipastikan anda lebih pintar daripada setengah jam yang lalu sebelum anda membaca nya.

Sudah siap? Baiklah mari kita bahas, Telepon Satelit dalam kegunaannya mirip dengan telepon GSM biasa yang ada dikantong anda.

BTS telepon satelit ada di luar angkasa.Jika telepon GSM biasa memantulkan sinyalnya pada menara Base Tranceiver Station (BTS) dan kemudian diteruskan ke telepon lain, maka begitu pula dengan telepon satelit. Bedanya, tentu saja, BTS telepon satelit ada di luar angkasa, bukan di bumi. Operator telepon satelit tidak memerlukan antena BTS, semua berada di atas langit atau sistem satelit. Ini membuat layanan mereka bersaing untuk telepon jarak jauh. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di derah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan. Jika telepon GSM mampu melakukan panggilan ke negara lain, maka telepon satelit mampu melakukan panggilan menuju ke laut lepas yang notabene tidak terjangkau sama sekali oleh adanya sinyal yang dipancarkan oleh BTS.

Telepon Satelit dapat diandalkan di Daerah Bencana Alam, saat Jaringan GSM runtuh.

Tujuan diciptakannya telepon satelit adalah menjembatani komunikasi bagi industri yang berada di sebuah tempat yang sulit dan mahal untuk dikembangkan prasarana telekomunikasinya. Misalnya menghubungkan kantor pusat dengan unit pengeboran minyak di lepas pantai. Juga dapat digunakan untuk komunikasi data dari kapal barang atau tanker dengan pelabuhan tujuan, armada kapal perang, lifeguard, custom negara tujuan, peneliti lapangan spt geologist, arkeolog, ahli botani, peneliti primata, lokasi bencana alam, tim rescue, wartawan, aparat militer, rangers, ahli medik, operasi SAR. Aktifitas mining atau pertambangan diarea terpencil, oil drilling, coal mining, forestry.

 

 

 

 

 

 

 

 

Halaman ini biasanya ditemukan di Google dengan Kata Kunci :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *