Background Image

Daftar Operator Telepon Satelit di Dunia

Home  /  Telepon Satelit  /  Daftar Operator Telepon Satelit di Dunia

Daftar Operator Telepon Satelit di Dunia

Sudah membaca artikel tentang Apa itu Telepon Satelit? Nah, Sekarang kita masuk ke penjelasan yang lebih dalam, tentang jenis-jenis telepon satelit dan perusahaan mana saja yang menyelenggarakan jasa komunikasi telepon via satelit.

Sistem jaringan telepon satelit ada 2 jenis.
Ada 2 sistem jaringan telepon satelit, satu Geosync untuk satelit orbit tinggi dan Low Orbit satelit.

  1. Sistem Geosynchronous adalah jaringan telepon dimana satelit tetap diam di satu tempat dengan mengikuti orbit bumi. Posisi satelit  tidak berubah dan terus mengikuti putaran bumi. Satelit ditempatkan di tempat sangat tinggi, mencapai 30.000km dari permukaan bumi. Fungsinya untuk memberikan cover area lebih luas dibawah satelit. Salah satu layanan telepon satelit Geosnyc adalah AceS yang menyediakan layanan di seluruh Asia Tengara dengan 1 satelit saja. Karena posisi satelit sangat tinggi, pembicaraan akan terjadi kelambatan. Dan jangkauan sinyal satelit menjadi lemah, serta ponsel memerlukan ukuran besar agar dapat memberi sinyal lebih kuat untuk menjangkau antena satelit diatas.
  2. Low Earth orbit (LEO). Adalah sistem satelit yang berubah ubah dengan jumlah satelit lebih banyak, dan setiap satelit telepon mengorbit (berputar) di bumi setiap 1 sampai 1,5 jam. Dibutuhkan beberapa satelit untuk mencover seluruh permukaan bumi. Posisi satelit berada di orbit rendah, antara 600km sampai 1100km. Layanan telepon satelit ini disebut Iridium, memiliki 66 satelit yang mengorbit diatas Bumi. Walau posisi satelit lebih rendah, tapi jumlah satelit akan saling bergantian mencover area di seluruh dunia. Ukuran ponsel lebih portabel sehingga dibuat lebih kecil, karena tidak memerlukan daya besar dalam tranmisi sinyal ke satelit.

Beberapa layanan perusahaan telepon satelit

Iridium.
Layanan dari Amerika mengunakan satelit LEO. Sampai saat ini sudah meluncurkan satelit Iridium ke 97 dan 98. Satu satelit mampu menampung 1100 sambungan. Frekuensi yang dipakai dari 1618Mhz

Globalstar
Seperti Iridium dari Amerika dengan satelit orbit rendah. Penguna Globalstar pada tahun 2008 mencapai 315 ribu penguna. Mengunakan jaringan satelit LEO.

Inmarsat.
Layanan dari Inggris. Jumlah satelit Inmarsat tidak banyak karena mengunakan sistem satelit tunggal atau GeoSync. Terakhir 2013 meluncurkan satelit Inmarsat-5 F1 dan akan diluncurkan bulan 1 Februari 2015 untuk menyediakan internet broadband seperti jaringan penerbangan sampai daerah bencana. Mengunakan frekuensi yang sama seperti Iridium. Hanya daerah kutub yang tidak bisa dijangkau. Biaya telepon Inmarsat konon paling mahal.

Sistem telepon satelit Inmarsat

Thuraya
Dimiliki oleh Arab Saudi. Memiliki kover area sampai 110 negara. Thuraya hanya tidak menjangkau area negara Amerika. Thuraya mengunakan sistem GeoSync dengan satelit besar dengan berat 3 ton. Saat ini memiliki 1 satelit dengan kekuatan 13.000 sambungan sekaligus untuk telepon suara. Meliputi daerah Eropa, Timur tengah, Afrika dan sebagian Asia.  Satelit Thuraya 3 diluncurkan tahun 2007, dan menjangkau Australia.

Layanan telepon satelit yang ada untuk sistem GeoSync : ACes, Inmarsat, Thuraya, MSAT, Terrenstar (hanya di Amerika Utara), ICO (masih belum aktif)

Keuntungan dengan sistem telepon satelit. Area yang dijangkau sangat luas, khususnya daerah terpencil. Biaya di jaringan sendiri lebih murah walau pengguna berada di benua berbeda.

Kelemahan dengan telepon satelit. Harganya seperti biaya telepon ke antar operator GSM. Untuk telepon di jaringan yang sama, tidak peduli dimana keberadaannya akan lebih murah. Tapi menelpon ke operator lain harganya bisa melambung. Untuk data internet juga sangat mahal, jadi jangan berharap mengunakan internet terlalu banyak. Dan telepon ke antar operator satelit biayanya dapat mencapai $15 permenit.
Yang lucu, tidak seperti telepon biasa langsung di telepon dan terhubung. Telepon satelit harus melakukan Boot, dan harus sering berjemur dibawah matahari atau tergantung kondisi cuaca yang baik untuk terhubung.

Memilih telepon satelit

Telepon satelit tidak harus melihat model, karena hanya sedikit model telepon satelit yang tersedia dari masing masing jaringan telepon satelit. Yang perlu diperhatikan pada melihat biaya pulsa dan cara penggunaan yang mudah. Daerah belahan bumi mana yang di cover dari masing masing operator juga perlu dipertimbangkan. Telepon satelit tidak seperti telepon rumah, dipastikan terjadi kelambatan (delay) antara bicara dan waktu yang disebut Call Latency.

Negara yang tidak mengijinkan pengunaan telepon satelit
Korea Utara, India (harus mendapatkan ijin), Birma dan Cuba.
Di beberapa negara memiliki aturan berbeda untuk pemakaian telepon satelit. Di Australia, malah mendapat keringanan bagi penguna telepon satelit atau diberikan subsidi, bila mereka tinggal di tempat terpencil. Di Rusia, telepon satelit diijinkan disadap oleh pemerintah.

Halaman ini biasanya ditemukan di Google dengan Kata Kunci :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *